Minggu, 19 Februari 2017

Perkenalan dengan Media Pembelajaran Matematika (Artikel 1)

Perkenalan dengan Media Pembelajaran Matematika
Oleh: Brigitta Misgi Larasaty


Matematika merupakan mata pelajaran yang sulit. Mungkin itu yang bisa dikatakan setelah memiliki sedikit pengalaman mengajar pada tingkat SMP dan SMA. Masih ada siswa yang masih kesulitan dalam menerima konsep-konsep matematika yang cukup abstrak, sehingga sering kali terjadi kesalahan ketika menggunakan konsep tersebut. Hal ini dapat disebabkan karena pemahaman konsep yang kurang tepat, dan penyajian konsep yang kurang konkrit, sementara objek mata pelajaran matematika memiliki tingkat keabstrakan yang tinggi. Di sisi lain, tingkat perkembangan intelektual siswa belum cukup mampu untuk berpikir abstrak. Oleh sebab itu, media pembelajaran pada mata pelajaran matematika diperlukan agar penyajian materi maupun konsep menjadi lebih konkrit, sehingga mudah dipahami oleh siswa.


Pada saat mempelajari mata kuliah Media Pembelajaran di semester lalu, banyak yang dapat saya pelajari. Hal-hal yang saya dapatkan antara lain:
·      Mengetahui tujuan dari media pembelajaran dalam matematika.
·      Mengetahui fungsi dari media pembelajaran dalam matematika.
·      Mengetahui manfaat dari media pembelajaran dalam matematika.
·      Mengenal berbagai jenis dan contoh dari media pembelajaran dalam matematika.
·      Merancang salah satu jenis media pembelajaran yaitu alat peraga yang disesuaikan dengan salah satu konsep pada materi matematika.
·      Mengetahui dan menjelaskan penggunaan dari berbagai macam alat peraga.
·   Menyebutkan contoh-contoh media pembelajaran apa yang sesuai dengan materi yang sedang dipelajari dalam matematika.


Tentu saja, ketika mendapatkan materi kuliah media pembelajaran semakin menambah pengetahuan saya yang dapat mengembangkan kemampuan sebagai seorang pendidik kelak. Sebagai seorang pendidik, alangkah baiknya jika dapat memadukan media pembelajaran dalam pembelajaran matematika. Ketika saya masih menjadi seorang siswa, dalam mata pelajaran matematika, jujur saja penggunaan media pembelajaran kurang maksimal. Dalam menyampaikan materi, guru belum melibatkan media pembelajaran dalam proses kegiatan belajar mengajar di kelas. Jarang sekali guru saya menggunakan power point (salah satu media pembelajaran) presentasi untuk menjelaskan materi yang akan diajarkan. Akan tetapi saya pernah mendapatkan tugas membuat kerangka kubus dan balok ketika membahas materi mengenai volume dimensi ruang sisi datar. Kegiatan ini menurut saya melibatkan media pembelajaran di dalamnya, dimana siswa diberikan kegiatan membuat medianya sendiri untuk pemahaman konsep yang lebih konkrit. Selebihnya, guru matematika sering menggunakan media buku paket dan menjelaskannya di papan tulis.


Kurang maksimalnya penggunaan media pembelajaran dalam mata pelajaran matematika sangat disayangkan. Padahal, banyak materi matematika yang akan menjadi lebih mudah dipahami jika dijelaskan menggunakan media pembelajaran. Misalnya yaitu:
·      Beberapa alat peraga yang dapat dibuat untuk menjelaskan konsep aritmetika, di antaranya:
1.    Peraga untuk penjumlahan bilangan bulat
2.    Peraga untuk pengurangan bilangan bulat
3.    Peraga untuk perkalian bilangan bulat
4.    Peraga untuk KPK dan FPB
5.    Peraga untuk Bilangan Pecahan
6.    Peraga untuk penjumlahan dua buah bilangan pecahan
7.    Tulang Nafier
8.    Mistar hitung
9.    Nomograf
10. Peraga jam 7-an
·      Beberapa alat peraga yang dapat dibuat untuk menjelaskan konsep peluang, di antaranya:
1.    Dadu
2.    Uang logam
·      Beberapa alat peraga yang dibuat untuk menjelaskan konsep statistika, di antaranya :
1.    Peraga diagram lingkaran
2.    Peraga diagram batang
·      Beberapa alat peraga yang dibuat untuk menjelaskan konsep logika, di antaranya :
1.    Peraga untuk nilai kebenaran disjungsi
2.    Peraga untuk nilai kebenaran konjungsi
3.    Peraga untuk nilai kebenaran implikasi
·      Beberapa alat peraga yang dibuat untuk menjelaskan konsep geometri, di antaranya :
1.    Peraga luas daerah persegi panjang
2.    Peraga luas daerah persegi
3.    Peraga luas daerah jajargenjang
4.    Peraga luas daerah belahketupat
5.    Peraga luas daerah layang-layang
6.    Peraga luas daerah trapesium
7.    Peraga luas daerah lingkaran
8.    Peraga bangun ruang: balok, kubus, kerucut, bola, bermacan-macam prisma, bermacam-macam limas
9.    Peraga Volume balok
10. Peraga diagonal ruang
11. Peraga bidang diagonal
12. Peraga Volume Prisma tegak segitiga
13. Peraga Volume Prisma tegak segienam
14. Peraga Volume limas segiempat
15. Peraga Volume kerucut
16. Peraga Volume bola
17. Peraga luas permukaan balok
18. Peraga luas permukaan kubus
19. Peraga luas selimut kerucut
20. Peraga luas permukaan tabung
21. Peraga luas permukaan bola
22. Peraga besar sudut segitiga
23. Peraga besar sudut segiempat
24. Peraga besar sudut keliling = setengah sudut pusat
25. Peraga Teorema Pythagoras
26. Papan berpaku
27. Peraga simertri lipat
28. Peraga simetri putar
29. Peraga Translasi
30. Peraga rotasi
31. Peraga irisan bidang datar dengan benda, dan lain-lain


Jika ditanya, media apa yang pernah dibuat ketika selama melakukan pembelajaran di jurusan pendidikan matematika, saya  akan menjawab media yang pernah saya buat berupa media komputer. Contoh dari media komputer yaitu video. Video yang dibuat berisikan konten-konten yang dapat memberikan pengetahuan, informasi, serta mendidik. Selanjutnya, ada penggunaan power point berupa slide yang berisikan materi-materi yang berhubungan dengan matematika maupun tidak.

Dalam mata kuliah Media Komputer, harapan saya, saya bisa mengambil banyak informasi tentang media komputer sehingga nantinya bisa saya aplikasikan dalam kegiatan belajar mengajar kelak ketika menjadi seorang pendidik. Tentu saya menyadari bahwa bantuan dari media pembelajaran sangat mempengaruhi bagi pemahaman materi oleh siswa. Maka dari itu, saya selaku calon pendidik akan menggunakan  cara menuju keberhasilan pembelajaran siswa yaitu dengan melibatkan media pembelajaran dalam mata pelajaran matematika. Saya juga mengharapkan pegalaman-pengalaman yang bisa saya peroleh dalam mata kuliah ini. Pengalaman yang membuat perbekalan saya semakin lengkap untuk menjadi seorang pendidik. Oleh sebab itu, saya mengharapkan proses belajar dan dinamika yang baik selama perkuliahan di mata kuliah media komputer ini. Karena apa yang engkau tabur, itulah yang akan engkau tuai.


Share:

0 komentar:

Posting Komentar