Perkenalan
dengan Media Pembelajaran Matematika
Oleh:
Brigitta Misgi Larasaty
Matematika
merupakan mata pelajaran yang sulit. Mungkin itu yang bisa dikatakan setelah
memiliki sedikit pengalaman mengajar pada tingkat SMP dan SMA. Masih ada siswa
yang masih kesulitan dalam menerima konsep-konsep matematika yang cukup
abstrak, sehingga sering kali terjadi kesalahan ketika menggunakan konsep
tersebut. Hal ini dapat disebabkan karena pemahaman konsep yang kurang tepat,
dan penyajian konsep yang kurang konkrit, sementara objek mata pelajaran
matematika memiliki tingkat keabstrakan yang tinggi. Di sisi lain, tingkat
perkembangan intelektual siswa belum cukup mampu untuk berpikir abstrak. Oleh
sebab itu, media pembelajaran pada mata pelajaran matematika diperlukan agar
penyajian materi maupun konsep menjadi lebih konkrit, sehingga mudah dipahami
oleh siswa.
Pada
saat mempelajari mata kuliah Media Pembelajaran di semester lalu, banyak yang
dapat saya pelajari. Hal-hal yang saya dapatkan antara lain:
· Mengetahui
tujuan dari media pembelajaran dalam matematika.
· Mengetahui
fungsi dari media pembelajaran dalam matematika.
· Mengetahui
manfaat dari media pembelajaran dalam matematika.
· Mengenal
berbagai jenis dan contoh dari media pembelajaran dalam matematika.
· Merancang
salah satu jenis media pembelajaran yaitu alat peraga yang disesuaikan dengan
salah satu konsep pada materi matematika.
· Mengetahui
dan menjelaskan penggunaan dari berbagai macam alat peraga.
· Menyebutkan
contoh-contoh media pembelajaran apa yang sesuai dengan materi yang sedang
dipelajari dalam matematika.
Tentu
saja, ketika mendapatkan materi kuliah media pembelajaran semakin menambah
pengetahuan saya yang dapat mengembangkan kemampuan sebagai seorang pendidik
kelak. Sebagai seorang pendidik, alangkah baiknya jika dapat memadukan media
pembelajaran dalam pembelajaran matematika. Ketika saya masih menjadi seorang
siswa, dalam mata pelajaran matematika, jujur saja penggunaan media
pembelajaran kurang maksimal. Dalam menyampaikan materi, guru belum melibatkan
media pembelajaran dalam proses kegiatan belajar mengajar di kelas. Jarang
sekali guru saya menggunakan power point (salah satu media pembelajaran)
presentasi untuk menjelaskan materi yang akan diajarkan. Akan tetapi saya
pernah mendapatkan tugas membuat kerangka kubus dan balok ketika membahas
materi mengenai volume dimensi ruang sisi datar. Kegiatan ini menurut saya
melibatkan media pembelajaran di dalamnya, dimana siswa diberikan kegiatan
membuat medianya sendiri untuk pemahaman konsep yang lebih konkrit. Selebihnya,
guru matematika sering menggunakan media buku paket dan menjelaskannya di papan
tulis.
Kurang
maksimalnya penggunaan media pembelajaran dalam mata pelajaran matematika
sangat disayangkan. Padahal, banyak materi matematika yang akan menjadi lebih
mudah dipahami jika dijelaskan menggunakan media pembelajaran. Misalnya yaitu:
· Beberapa
alat peraga yang dapat dibuat untuk menjelaskan konsep aritmetika, di
antaranya:
1.
Peraga untuk penjumlahan bilangan bulat
2.
Peraga untuk pengurangan bilangan bulat
3.
Peraga untuk perkalian bilangan bulat
4.
Peraga untuk KPK dan FPB
5.
Peraga untuk Bilangan Pecahan
6.
Peraga untuk penjumlahan dua buah bilangan
pecahan
7.
Tulang Nafier
8.
Mistar hitung
9.
Nomograf
10. Peraga
jam 7-an
· Beberapa
alat peraga yang dapat dibuat untuk menjelaskan konsep peluang, di antaranya:
1.
Dadu
2.
Uang logam
· Beberapa
alat peraga yang dibuat untuk menjelaskan konsep statistika, di antaranya :
1.
Peraga diagram lingkaran
2.
Peraga diagram batang
· Beberapa
alat peraga yang dibuat untuk menjelaskan konsep logika, di antaranya :
1.
Peraga untuk nilai kebenaran disjungsi
2.
Peraga untuk nilai kebenaran konjungsi
3.
Peraga untuk nilai kebenaran implikasi
· Beberapa
alat peraga yang dibuat untuk menjelaskan konsep geometri, di antaranya :
1.
Peraga luas daerah persegi panjang
2.
Peraga luas daerah persegi
3.
Peraga luas daerah jajargenjang
4.
Peraga luas daerah belahketupat
5.
Peraga luas daerah layang-layang
6.
Peraga luas daerah trapesium
7.
Peraga luas daerah lingkaran
8.
Peraga bangun ruang: balok, kubus, kerucut,
bola, bermacan-macam prisma, bermacam-macam limas
9.
Peraga Volume balok
10. Peraga
diagonal ruang
11. Peraga
bidang diagonal
12. Peraga
Volume Prisma tegak segitiga
13. Peraga
Volume Prisma tegak segienam
14. Peraga
Volume limas segiempat
15. Peraga
Volume kerucut
16. Peraga
Volume bola
17. Peraga
luas permukaan balok
18. Peraga
luas permukaan kubus
19. Peraga
luas selimut kerucut
20. Peraga
luas permukaan tabung
21. Peraga
luas permukaan bola
22. Peraga
besar sudut segitiga
23. Peraga
besar sudut segiempat
24. Peraga
besar sudut keliling = setengah sudut pusat
25. Peraga
Teorema Pythagoras
26. Papan
berpaku
27. Peraga
simertri lipat
28. Peraga
simetri putar
29. Peraga
Translasi
30. Peraga
rotasi
31. Peraga
irisan bidang datar dengan benda, dan lain-lain
Jika
ditanya, media apa yang pernah dibuat ketika selama melakukan pembelajaran di
jurusan pendidikan matematika, saya akan
menjawab media yang pernah saya buat berupa media komputer. Contoh dari media
komputer yaitu video. Video yang dibuat berisikan konten-konten yang dapat
memberikan pengetahuan, informasi, serta mendidik. Selanjutnya, ada penggunaan
power point berupa slide yang berisikan materi-materi yang berhubungan dengan
matematika maupun tidak.
Dalam
mata kuliah Media Komputer, harapan saya, saya bisa mengambil banyak informasi
tentang media komputer sehingga nantinya bisa saya aplikasikan dalam kegiatan
belajar mengajar kelak ketika menjadi seorang pendidik. Tentu saya menyadari
bahwa bantuan dari media pembelajaran sangat mempengaruhi bagi pemahaman materi
oleh siswa. Maka dari itu, saya selaku calon pendidik akan menggunakan cara menuju keberhasilan pembelajaran siswa
yaitu dengan melibatkan media pembelajaran dalam mata pelajaran matematika.
Saya juga mengharapkan pegalaman-pengalaman yang bisa saya peroleh dalam mata
kuliah ini. Pengalaman yang membuat perbekalan saya semakin lengkap untuk
menjadi seorang pendidik. Oleh sebab itu, saya mengharapkan proses belajar dan
dinamika yang baik selama perkuliahan di mata kuliah media komputer ini. Karena
apa yang engkau tabur, itulah yang akan engkau tuai.
0 komentar:
Posting Komentar